Dinas Pertanian Dan Perkebunan Provinsi Nusa Tenggara Barat
IMG-LOGO
Distanbun Prov. NTB

BULOG TETAP OPTIMIS MAMPU MENYERAP DAN MENYALURKAN GABAH PETANI NTB

Admin - 2022-07-29 14:43:38
IMG

Kamis, 28 Juli 2022

Halo….#Sobat Tani

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB hari ini Menghadiri Rapat dengar pendapat (RDP) di Komisi II Bidang Perekonomian DPRD NTB terkait menindaklanjuti isu yang beredar di masyarakat tentang Bulog yang terkesan tidak bisa menyerap gabah petani NTB karena stok beras yang ada di Gudang Bulog belum tersalurkan.

Dikutip dari suarantb.com “116.000 Ton Stok Beras Bulog NTB Mengendap di Gudang, Stok beras Bulog di Provinsi NTB mengendap sejak tahun 2020 lalu.” Tidak tersedianya saluran distribusi membuat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pangan ini harus menanggung beban operasional yang tinggi.

Drs. H. Haerul Warisin, M.Si selaku Sekretaris Komisi II menuturkan bila pihak Bulog tidak menyerap gabah petani dikhawatirkan akan merugikan petani, karena pupuk subsidi yang digunakan tidak dapat memenuhi kebutuhan petani sehingga petani harus membeli pupuk non subsidi.

Ditambahkan dari anggota komisi II, Bapak Hardiansyah mengatakan Jika stok gabah terus Overload maka kedepannya NTB akan terus mengalami persoalan gabah yang tidak kunjung selesai dari tahun ke tahun. Selain itu dipertegas mengenai apa solusi yang ditawarkan oleh Kepala OPD dan pihak bulog dalam jangka waktu pendek.
Menanggapi persoalan beras dan gabah yang overload di Gudang bulog, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi NTB, Bapak Drs. H. Fathul Gani, M.Si. menegaskan bahwasanya Dinas Pertanian tidak bisa dipaksa untuk mengurangi hasil produksi pertanian karena bertentangan dengan fungsi dari Dinas Pertanian yang dituntut untuk meningkatkan produktivitas padi.

Kepala Dinas Sosial Prov. NTB, Bapak H. AHSANUL HALIK, S.Sos., M.H. menawarkan solusi beras untuk program bansos dipasok oleh bulog selain itu Dinas Sosial berencana untuk membuat program bantuan beras murni pada bulan-bulan tertentu guna mengatasi persoalan Stok Beras dan gabah yang Overload di gudang bulog
Kepala Perum Bulog Wilayah NTB, Abdul Muis menuturkan minimnya serapan beras Bulog, dipengaruhi dengan tersedianya stok beras di daerah-daerah yang selama ini menjadi langganan pengiriman masih memiliki stok pangan yang mencukupi, “sehingga mau dikemanakan beras-beras yang sudah kita serap ini,” terangnya

Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) wilayah NTB pastikan serap gabah petani. Beredar adanya isu Bulog tidak menyerap gabah petani merupakan
informasi tidak benar. Lantaran tahun ini saja sudah ada serapan gabah petani sebesar 35.800 ton atau 22.000 setara beras, imbuhnya.
Walaupun kondisi saat ini stok beras dan gabah di Gudang bulog overload, tapi bulog tetap optimis dalam ketersedian dan persoalan penyaluran beras dan gabah bisa terselesaikan, dikarenakan berdasarkan data yang tercatat saaat ini ada 20 negara yang mengalami krisis pangan, tutupnya

Salam Tani… #Maju Mandiri Modern