Berita

PERTEMUAN KOORDINASI TENTANG SEKOLAH LAPANG GENTA ORGANIK TAHUN 2024

Kamis, 21 Maret 2024

Genta Organik merupakan suatu gerakan pertanian pro organik yang meliputi pemanfaatan pupuk organik/ pupuk hayati/ pembenah tanah/ pestisida alami sebagai solusi terhadap masalah pupuk mahal. Gerakan ini mendorong petani untuk memproduksi pupuk organik/ pupuk hayati/ pembenah tanah/ pestisida alami secara mandiri. Gerakan ini tidak berarti meninggalkan penggunaan pupuk anorganik sepenuhnya, melainkan boleh menggunakan pupuk kimia dengan ketentuan tidak berlebihan atau mengikuti konsep pemupukan berimbang alam rangka pelaksanaan Genta Organik dapat berjalan secara masif dan berkelanjutan.

Koordinasi kegiatan Sekolah Lapang Genta Organik bersama Kepala Seksi Penyuluhan Balai Pelatihan Pertanian NTB, Koordinator Penyuluh Pertanian Prov. NTB, Kepala Bidang Penyuluhan Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Utara, Koordinator Penyuluh Kabupaten Lombok Barat dan Lombok Utara serta Penyuluh Wilbin Lombok Barat dan Lombok Utara. Kegiatan Sekolah Lapang Genta Organik di NTB pada Tahun 2024 berlokasi di dua Kabupaten yaitu Lombok Barat dan Lombok Utara.

Dalam pertemuan membahas terkait pelaksanaan sekolah lapang agar menjadi acuan atau pemahaman bersama bagi instansi provinsi, kabupaten serta penyuluh/pendamping SL dalam menjalankan kegiatan mulai dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring evaluasi serta pelaporan. Selanjutnya tindak lanjut dari pertemuan ini menyusun rencana kegiatan di masing – masing kabupaten mulai dari Sosialisasi, Rembug Tani, Pelaksanaan SL (Pembelajaran), Implementasi di tingkat Poktan dan Farmer Field Day. Adapun tujuan dari kegiatan Sekolah Lapang Genta Organik ini yaitu, Meningkatkan kapasitas petani/ poktan dalam membuat dan menerapkan penggunaan pupuk organik, Meningkatkan kapasitas penyuluh pertanian/petugas pendamping atau pemandu SL Tematik Pertanian Organik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *